APLIKASI LATIHAN AKM ANBK

APLIKASI LATIHAN AKM / ANBK SD

ANBK adalah singkatan dari Asesmen Nasional Berbasis Komputer. ANBK diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek).

Asesmen Nasional adalah program evaluasi untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan memotret input, proses dan output pembelajaran di seluruh satuan pendidikan.

Asesmen Nasional dilaksanakan dengan 3 (tiga) instrumen yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM Literasi, Numerasi), Survey Karakter dan Survey Lingkungan Belajar.

Asesmen Nasional (AN) dirancang untuk memantau dan mengevaluasi sistem pendidikan dasar dan menengah. Sedangkan untuk prestasi siswa itu sendiri dievaluasi oleh pendidik dan satuan pendidikan.

APLIKASI LATIHAN AKM / ANBK SD

AN dilaksanakan secara daring/online menggunakan media komputer ataupun chromebook dengan aplikasi sistem sejenis CAT. Sedangkan yang mengikuti ANBK ini pesertanya yaitu siswa Kelas 5 untuk SD/MI, siswa kelas 8 untuk SMP/MTs/Sederajat dan Siswa kelas 11 untuk SMA/SMK/MA/Sederajat.

Karena penggunaan komputer sebagai media yang digunakan dalam pelaksanaan ANBK ini sebagaimana namanya yaitu Berbasis Komputer maka saya berinisiatif membuat aplikasi atau media latihan bagi siswa. Hal ini saya lakukan mengingat khususnya bagi siswa sekolah dasar yang berada di daerah yang mana mereka sangat jarang sekali bahkan bisa dibilang tidak ada siswa yang sudah mengenal dengan yang namanya komputer ini.

Selain itu, tidak adanya media aplikasi latihan khusus untuk ANBK ini membuat guru sendiri kesulitan memberikan latihan kepada siswanya apalagi aplikasi yang khusus untuk Chromebook. Maka dengan ini diharapkan media latihan ini dapat membantu memudahkan guru atau operator sekolah dalam melatih siswa calon peserta ANBK dalam menghadapi ANBK.

Media latihan ini bukanlah aplikasi khusus apalagi mirip Exam Browser ANBK. Ini hanya saya buat menggunakan layanan aplikasi dari Google yaitu Google Form agar bisa dibuka di semua flatform, di Komputer Windows maupun di Chromebook karena hanya memerlukan Internet Browser. Media latihan ini hanya berupa beberapa soal latihan yang saya ambil dari berbagai sumber di internet. Tersedia Latihan Soal Literasi, Latihan Soal Numerasi dan Latihan Survey Karekter. Mungkin kedepannya saya tambahkan beberapa soal lagi dan latihan lainnya. 

Media Latihan ini dibuat bukan untuk pendalaman materi assesmen itu sendiri tetapi tujuan utamanya yaitu sebagai pengenalan pengoperasian komputer/chromebook kepada siswa dan untuk  melatih siswa dalam penggunaan keyboard dan trackpad atau mouse dalam mengisi atau memilih jawaban.

Yang diperlukan untuk melakukan latihan ini yaitu Komputer/Chromebook yang terkoneksi dengan internet, browser (chrome, mozila, dll) dan akun gmail maupun belajar.id.

Apabila semua keperluan diatas sudah lengkap, maka anda tinggal langsung saja klik link di bawah:

MULAI LATIHAN ANBK SD

atau ketik link/alamat ini di browser : bit.ly/applatihananbk

Jadi itulah artikel saya tentang  APLIKASI LATIHAN AKM / ANBK SD, semoga membantu. Terima kasih



Comments