APLIKASI LATIHAN AKM ANBK

Drone Fimi X8SE 2022 Setelah Lebih dari Setengah Tahun?

Drone Fimi X8SE 2022 Setelah Lebih dari Setengah Tahun?


Asslamualaikum wr. wb. Hai sobat semua!

Pada kesempatan ini saya mau berbagi pengalaman tentang penggunaan drone Fimi X8SE 2022 selama pamakaian lebih dari setengah tahun. Beberapa spesifikasi, fitur, kelebihan dan kekurangannya juga mungkin akan saya ceritakan disini.


Fimi X8SE 2022



FIMI X8SE 2022?
Fimi X8SE ini adalah sebuah Drone Aerial atau disebut juga Kamera Drone. Kehadirannya mampu menarik perhatian para pecinta drone di kelasnya. Jika selama ini kita mengenal DJI sebagai merk drone profesional dan bagus, namun kita tahu kalau harganya lumayan mahal. Bagi isi dompet sultan mah mungkin gak masalah tapi bagi yang nanggung atau hanya untuk sekedar hobi, mau beli tuh mikir-mikir dulu, ya paling cari alternatif dari merk lain yang lebih murah namun fungsi dan kuwalitasnya mirip-mirip. Ya yang penting hobi nya itu tuh.... TERSALURKAN hehe.

TERGODA FIMI?
Awalnya dari hobi bikin video, terus ada angan-angan "bagus ya kalau dishoot pakai drone" atau "scene ini harusnya pakai kamera drone', yaaa kaya gitu-gitu lah. Terus cari-cari di Youtube tentang drone, ternyata yang pertama nongol tu channelnya Cgit Einstein, tentunya tau lah para penggemar drone atau para pemimpi punya drone siapa dia hehe. Makin ke sini ternyata banyak juga yang review drone.

VERSI-VERSI X8SE
Karena menurut saya DJI itu mahal kalau cuman untuk hobi dan konten biasa akhirnya ya cari-cari merk lain. Mulai dari JJRC, SJRC, MJX, Hubsan, dll sampai di tahun 2019 channel nya Cgit Einstein ngereview Fimi X8SE versi pertamanya yaitu versi 2019, reviewnya cukup bikin saya tertarik sampai cari detail info-infonya ke situs resminya hingga saya tahu varian-varian drone lainnya dan meyakinkan saya dengan kuwalitas dari Fimi ini karena ternyata merupakan produk dari Xiaomi. Xiaomi kan terkenal suka menjual produk berkualitas dengan harga murah.

Di tahun 2020, Fimi mengeluarkan seri baru yaitu Fimi X8SE 2020 dan di tahun 2021 ada Fimi X8 Mini. Ada juga  seri-seri lain yang lebih dulu dari seri X8 ini seperti Mi Drone 4K, Fimi A3, dan Mi Drone Mini. Tapi yang terus ada upgrade hanya dari seri X8SE saja. 

Sejak adanya seri pertamanya memang saya tertarik sih tapi entah kenapa seperti ada yang kurang gitu, terutama di segi kamera. Jadi terus saja nunggu Fimi ngeluarin versi baru berharap ada upgrade di segi kameranya tersebut.

Diakhir 2021 dibulan November kalau gak salah, Fimi mengeluarkan versi baru yaitu Fimi X8SE 2022. Nah... barulah saya benar-benar tergoda olehnya sampai saya langsung order tgl 14 Desember 2021 ke HugoStore meski harus preorder 30 hari dengan harga 7 jutaan yang paket 1 baterai. Tapi beruntungnya ternyata tgl 24 Desember drone sudah keterima.

SPESIFIKASI DAN FITUR
Kenapa saya sangat tertarik? karena ada upgrade yang signifikan terutama pada kameranya yang menggunakan sensor Sony 1/2" CMOS 48 mega pixel dengan aperture F1,6. Secara matematis spek kamera seperti itu tuh akan benar-benar bagus ketika pengambilan photo maupun video diminim cahaya/lowlight. Dan memang benar, hasil jepretan photo maupun video nya bagus. Bisa zoom, Record videonya bisa HD, FHD, 2K hingga 4K 30fps dengan stabilisasi 3 axis gimbal yang sangat baik. Untuk photo, pada awal beli 48 MP nya ternyata masih terkunci/tidak bisa digunakan tapi setelah ada update firmware di bulan Mei 2022, mode 48 MP nya baru muncul dan bisa digunakan.

Selain kamera ada upgrade juga pada kemampuan jarak tempuh terbang dan jarak tempuh sinyal menjadi 10 km yang asalnya 8 km. Wind resistance jika sebelumnya Level 5 sekarang Level 8, jadi lebih kuat tahan angin yang lebih besar. Kalau kekuatan sinyal, drone Fimi ini memang tidak diragukan lagi. Meski hanya memakai frequensi 2,4 Ghz, tapi mampu mengatasi interferensi sinyal dengan baik. Saya saja pernah tembus lebih dari 3 km di tempat pegunungan, diperkotaan pun di jarak 1 km itu masih lancar jaya. Kekuatan batre juga tidak mengecewakan, mampu terbang 20-25 menit meski di spesifikasinya mampu 35 menit tanpa gangguan (tanpa angin/tidak sambil record video/photo) dan pada bagian ini juga peningkatan yang mana di versi sebelumya 32 menit.

Untuk fiturnya berlimpah banget, mulai dari pengaturan-pengaturan yang bisa dikostumisasi, mode kamera yang bisa manual, record video yang ada mode f-log nya, intelegent flight-nya juga banyak seperti dronie, waypoint, smart track, orbit, spiral dll.

KEKURANGAN DAN SOLUSINYA
Kekurangan dari drone ini pertama adalah tidak adanya avoid obstacles censor atau sensor anti nabrak. Jadi harus hati-hati pada saat terbang rendah atau kalau terbang di tempat yang banyak pohonnya. Drone ini sangat tidak disarankan untuk terbang indoor. Untuk hal sensor ini menurut saya sangat wajar, mengingat harganya yang terbilang murah dikelasnya.

Yang kedua, kestabilan hover tidak stabil, namun untuk kekurangan ini diawal-awal beli sih, Rupanya Fimi tak tinggal diam, mereka terus memperbaiki hal ini dengan melakukan perbaikan-perbaikan pada firmwarenya yang hasilnya sangat baik karena saya rasakan kini Fimi lebih stabil, bisa hover nyaris diam. Jadi mengenai stabilisasi ini sudah cukup teratasi dari peningkatan/perbaikan dengan update firmware-nya.

Yang ketiga, fligt control nya yang terlalu agresif dan terlalu sensitif, sehingga sulit melakuan pergerakan-pergerakan yang smooth. Kekurangan ini akan terasa sulit kalau kita ingin melakukan gerakan-gerakan cinematic shoot secara manual. Tapi ternyata hal ini dapat diatasi dengan menyetel pengaturan sensitifitas controlnya seperti mengurangi nilai control untuk yaw nya, maju mundurnya dan juga belok kiri kanannya termasuk pada maksimal speednya. Kecuali kalau drone ini untuk drone jelajah, kita tidak akan terlalu penting dengan kekurangan ini.

PERNAH JATUH 
Di bulan Mei 2022, saat Fimi X8SE saya sedang terbang diketinggiang sekitar 40 meter tiba-tiba terjadi error tidak bisa dikendalikan hingga terjun bebas meluncur ke tanah. Untungnya tanahnya lembek meski yang duluan itu kepalanya nancap ditanah. Sempet nyari-nyari dulu sekitar 1 jam karena masuk ke semak-semak. Secara fisik yang rusak itu hanya propelernya saja patah. Selain itu tidak ada yang belah maupun patah. Gimbal pun normal kembali. Dicoba lagi terbang tapi diketinggian rendah, ternyata peringatan erornya ada lagi dan jadi sulit dikendalikan. Akhirnya saya konsultasi ke HugoStore dan mereka melayani dengan baik. Sampai akhirnya dikirim lagi ke HugoStore untuk diperbaiki dengan biaya melalui klaim garansi. Setelah 2 minggu gitu ya, saya lupa, drone sudah balik lagi dengan kondisi normal kembali dan sampai saat ini Fimi X8SE saya baik-baik saja. Hebatnya, HugoStore ngasih saya penutup gimbal saat drone kembali dari perbaikan.

KESIMPULAN DAN SARAN
Dikelas harga 7 jutaan, berdasarkan pengalaman saya Fimi X8SE 2022 ini sangat bagus sekali terlepas dari kekurangannya. Saya membeli drone ini sudah berdasarkan perhitungan kebutuhan. Jadi maksudnya karena kebutuhan saya hanya untuk ngambil shoot-shoot konten video dengan kuwalitas bagus, maka Fimi X8SE 2022 ini cukup bahkan lebih memenuhi kebutuhan tersebut. Yang penting bagi saya adalah kameranya bagus, baterai minimal kuat bertahan 20 menit, sinyalnya kuat dan kuwalitasnya juga tidak murahan. Atau misalkan drone nya untuk jelajah, maka fimi juga sangat cocok kaena kalau jelajah tu paling rendah di ketinggian 40 meter jadi sensor anti nabrak tidak harus ada. Tapi misal dronenya buat smart tracking, ngikutin kamu sambil spedahan dijalanan, nah fimi x8se itu kurang cocok apalagi smart track nya di ketinggian rendah.

Setelah setengah tahun lebih saya memakai Fimi X8SE 2022 ini, mulai baterai, kamera dan lain-lainya saya rasa baik-baik saja tidak ada kekurangan, malah segi kestabilannya semakin baik. Kalau baterai? ya wajar lah kalau ada penurunan durasi, karena memang sifat baterai begitu tidak bisa dihindari. Untuk kontrol yang terlalu agresif ternyata bisa diatasi dengan menyesuaikan pengaturan-pengaturan/setting pada setting kontrolnya agar pergerakan drone menghasilkan video yang lebih cinematic.


Jadi saran saya, kalau anda mau membeli drone (khsusnya bagi kaum dompet pas-pasan seperti saya, hehe), maka perhitungkan dulu apa kebutuhannya. Kalau hanya untuk main-main, beli aja yang lebih murah seperti dari MJX, SJRC atau dari JJRC yang hargannya 1 sampai 4  jutaan, bagus juga ko dan kameranya juga lumayan bagus-bagus.

Meski baru-baru ini Fimi sudah mengeluarkan lagi versi barunya yaitu Fimi X8SE 2022 V2, saya tidak begitu tertarik ataupun nyesel, karena di versi ini hanya ada penambahan fitur pengait dan megaphone yang bagi saya fitur tersebut tidak terlalu penting karena kebutuhan saya tidak disana. Kecuali misal Fimi jadi ada sensor anti nabraknya baru agak nyesek deh kayanya.

Bagi sobat yang mau lihat unboxing nya silahkan lihat di sini
Hasil Kamera Fimi X8SE 2022 nya : Video 1, Video 2, Video 3, Video 4

Jadi itulah pengalaman saya memiliki/menggunakan Drone Fimi X8SE 2022 Setelah Lebih dari Setengah Tahun? Semoga artikel ini membantu dan bermanfaat. Terima kasih, Wassalamualaikum wr. wb

Comments