APLIKASI LATIHAN AKM ANBK

Tabulasi pada Microsoft Office Word, satu hal penting yang jarang diketahui

Apa itu tabulasi?
Sebelum saya jelaskan apa itu tabulasi saya mau tanya dulu, “apakah pada papan keybord anda ada tombol Tab?Ada kan? Ada ya? Pasti ada lah.... Terus “apa anda tahu apa fungsinya Tab tersebut pada Microsoft Office Word?” Yaaa tentu anda tahu kan “buat loncat-loncatin Pointer”. Ya memang betul, untuk meloncatkan pointer yang nantinya berfungsi menempatkan posisi teks pada jarak atau posisi tertentu sehingga tulisan menjadi rapih.

Tapi ada 2 (dua) hal lagi yang saya ragukan dan ingin saya tanyakan, pertama; “apa anda suka menggunakannya?” dan yang kedua; “tahukah anda bahwa jarak loncatan tabulasi tersebut bisa diatur sesuai keperluan?

Kenapa saya tanya seperti itu? Karena saya sering menemukan dokumen ketikan orang yang kadang menggeserkan teks dari kiri ke kanan semua pakai spasi, misal surat yang dibawahnya ada tanda tangan, nah bagian tanda tangan kan berada di kanan jadi dia menggeser untuk menempatkan bagian tanda tangan tersebut pakai spasi. Terus suka ada yang menggunakan tab, tapi dia hanya menggunakan jarak loncatan standarnya saja, jadinya kadang teks terlau jauh atau terlau dekat. Jika anda sama seperti itu, maka agar sekarang anda lebih tau seperti apa dan bagaiman cara menggunakan tabulasi, akan saya jelaskan disini.

Supaya mudah dipahami sebaiknya sekarang anda buka Ms. Office Word dan seperti apa contoh penggunaan tabulasi, silahkan lihat di : <<< SINI >>>


Agar bisa menggunakan fungsi tabulasi, anda harus menampilkan Ruler (Penggaris) terlebih dahulu (apabila tampilan pada Ms. Word anda saat ini belum ada Ruler nya) dengan cara klik menu View kemudian ceklis Ruler. Apabila Ruler ditampilkan maka fungsi tabulasi juga akan muncul, yaitu icon kecil yang berada di pojok kiri atas yang terlihat seperti bentuk “L”.  Jika tab stop tesebut anda klik, maka akan berubah menjadi seperti huruf “T” terbalik. Anda klik lagi maka akan berubah lagi dan seperti itu seterusnya. Icon-icon tersebut disebut dengan TAB STOP. Fungsi tiap tab stop tersebut berbeda, yaitu :

Tabulasi

Cara menggunakannya sangat mudah, yaitu pilih dulu fungsi tab stop yang akan anda gunakan. Apabila sudah dipilih, maka arahkan mouse pada ruler atas (seperti pada gambar diatas) kemudian klik disana maka tab stop akan muncul di tempat diman anda klik. Tab stop yang ada pada ruler tersebut bisa anda geser ke kiri atau ke kanan sesuai keperluan. Untuk mencobanya sekarang silahkan anda tekan tombol TAB pada keyboard setelah tab stop anda tempatkan di ruller. Maka pointer akan loncat sampai dimana tab stop disimpan. Untuk selanjutnya, anda bisa explore sendiri.

Comments

  1. Artikelnya sangat membantu.
    ternyata hal kecil seperti itu sering terlupakan dan tidak mau bertanya.
    terimakasih gan, dan terus berkarya.

    ReplyDelete

Post a Comment

Silahkan berkomentar, namun tidak diperkenankan menggunakan kata-kata k@sar, sp@m, iklan produk, hal-hal yang berbau p*rn*gr*fi, s@ra, politik serta hal-hal yang tidak berhubungan dengan blog ini dan anda tunduk terhadap Syarat dan Ketentuan Kami.
Untuk komentar yang tidak berhubungan dengan Artikel diatas silahkan berkomentar DISINI