APLIKASI LATIHAN AKM ANBK

Menampilkan Blog Mobile Version Langsung di Google Chrome

Jaman now yang serba mobile ini menambah tantangan baru bagi para blogger. Tantangan tersebut yaitu pada segi penampilan dan kompatibilitas sebuah halaman blog agar ketika dibuka/ditampilkan pada perangkat mobile menjadi ramah perangkat atau kompatibel di berbagai perangkat bergerak. Jadi kini para blogger harus mampu untuk memaksimalkan tampilan atau template blog ke tampilan responsive alias mobile friendly. Hal ini sudah tidak bisa dihindari lagi karena teknologi smartphone yang semakin meraksuk keberbagai kalangan masyarakat. Smartphone sudah menjadi kebutuhan pokok setiap orang di dunia ini. Untuk mencari informasi online, kini cukup menggunakan smartphone, tanpa harus ke warnet atau membuka PC di rumah. Dampak dari kondisi ini cukup dirasakan oleh para blogger termasuk oleh saya sendiri. Hal ini terlihat dari statistik pengunjung dari tahun ke tahun melalui sistem operasi yang digunakan pengunjung yang tampak berubah. Awalnya OS Windows merajai, tapi kini secara cukup signifikan OS Windows semakin tergeser dan harus berbagi tempat dengan OS dari perangkat smartphone. Yang sangat dominan peningkatannya itu adalah pengunjung dari sistem operasi Android. Jika dilihat dari statistik nya saat ini, blog ini saja pengunjung yang menggunakan system operasi Windows bergeser mundur ke 54%, dari smartphone Android sudah mencapai 37% dan sisanya Macintosh, Linux, Iphone, Unix dan lain-lain yang masing-masing tidak lebih dari 2%. Kenapa saya bilang meningkat, karena pada tahun 2015, pengunjung dari Android ini tidak lebih dari 10%. Mungkin para blogger lainnya juga merasakan hal tersebut. Menyikapi hal tersebut, kini para blogger tidak hanya mempercantik dan memaksimalkan penampilan untuk browser web desktop saja tetapi juga penampilan untuk mobile version-nya juga di costumisasi senyaman mungkin agar mobile friendly..

Menampilkan Blog Mobile Version Langsung di Google Chrome
Meskipun template responsive siap pakai banyak tersedia, mulai dari gratis sampai yang berbayar. Tetapi ketika di pasang di blog, pasti ada saja costumisasi yang dilakukan agar penampilannya sesuai dengan keinginan. Apalagi bagi blogger yang blog-nya masih dalam tahap pembangunan, tampilan blog tidak hanya dilihat dari tampilan web desktop saja tapi penampil web mobile version untuk menge-cek ketika sedang dibangun juga kini sangat diperlukan. Biasanya pada tahap tersebut, layanan online mobile version pasti sering digunakan. Hal tersebut dilakukan agar web/blog tampak enak ketika dibuka pada perangkat mobile. Namun bagi sobat blogger yang masih newbie seperti saya, ternyata ada cara lain yang lebih cepat tanpa harus menggunakan layanan mobile version tersebut. Kita cukup dengan cara langsung menggunakan browser Google Chrome. Selain lebih cepat dan mudah, kita bisa langsung mengatur tiap elemen pada bagian-bagian blog kita. Meski sebenarnya yang paling akurat untuk mengecek tampilan mobile version adalah menggunakan browser dari smartphone/mobile device-nya langsung.

Sebenarnya saya tidak tahu mulai dari Google Chrome versi berapa adanya fitur mobile version ini tersedia. Yang jelas saya sendiri saat ini menggunakan versi 67.0.3396.87. Dengan adanya fitur tersebut, saya rasa layanan online penampil web mobile version tidak perlu kita gunakan lagi. Cara Menampilkan Halaman Blog Mobile Version Langsung di Google Chrome tersebut sangat mudah, yaitu:
  1. Pastinya Gunakan Google Chrome sebagai browser anda,
  2. Masukan alamat blog anda seperti biasa
  3. Apabila halaman blog sudah terbuka semuanya, klik kanan pada bagian blog kemudian klik Inspect atau bisa langsung anda tekan pada keyboard yaitu tombol Ctrl + Shift + i.
  4. Setelah muncul bagian Inspect Element disebelah kanan, maka untuk mengaktifkan mobile version bisa anda klik icon/Toggle device toolbar dengan gambar smartphone dan tablet dibagian atas atau dengan cara tekan Ctrl + Shift + M.
  5. Disana anda bisa mengatur tampilan sesuai kebutuhan anda. Bisa anda atur mulai dari tampilan Android atau Iphone, personaliasi ukuran layar sampai bisa diputar ke lanscape.
  6. Setelah itu anda bisa atur blog anda sesuai keinginan anda agar tampak menarik ketika di buka di browser mobile version.
  7. Terakhir, untuk menonaktifkan tampilan mobile version tersebut maka tinggal menekan kembali tombol Ctrl + Shift + M atau mengklik lagi toggle device toolbar.
Jadi seperti itulah caranya, sangat mudah bukan. Terima kasih

Comments